Fakta Menarik La Sagrada Familia di Barcelona Spanyol

Cityawesome.comLa Sagrada Familia merupakan salah satu tempat wisata yang cukup populer di Spanyol tepatnya Barcelona. Di bangun pertama kali pada tahun 1882, La Sagrada Familia bahkan sudah masuk menjadi salah satu situs warisan UNESCO.

Kemegahan arsitektur di dalamnya membuat siapapun menjadi takjub. Oleh karena itu tidak heran jika wisata ini tidak pernah sepi dari pengunjung setiap harinya.

Membahas tentang La Sagrada Familia, tahukah kamu bahwa bangunan ini bahkan masih di bangun hingga sekarang? Di mana jika di hitung sejak pembangunan pertama kali, maka La Sagrada Familia sudah melalui tahap pembangunan hingga lebih dari 1 abad.

Penasaran dengan apa sebenarnya La Sagrada Familia? Berikut fakta menariknya yang akan di bahas.

1. Pembangunan hingga lebih dari 100 tahun

Untuk kamu yang masih asing, La Sagrada Familia adalah Gereja Katolik Roma yang masih dalam tahap pembangunan hingga saat ini. Di mana seperti pada penjelasan sebelumnya, untuk peletakan batu pertama di mulai pada tahun 1882 dengan arsitek kenamaan asal Spanyol yang bernama Antoni Gaudi.

Bahkan sang arsitek sendiri masih tetap melanjutkan proyek tersebut hingga akhir masa hidupnya pada tahun 1926.

Namun meskipun Antoni Gaudi sudah tiada, namun karyanya akan tetap di lanjutkan hingga selesai. Adapun proyek pembangunan La Sagrada Familia ini sudah sampai 5 generasi. Di mana sekarang sudah masuk ke fase akhir yang di targetkan akan selesai pada tahun 2026.

2. Desain arsitektur yang memukau

Bangunan La Sagrada Familia dibangun dengan mengusun gaya arsitektur Neo-Gotik. Di mana merupakan arsitektur khas untuk katedral yang megah dan terkenal di Eropa. Memiliki beberapa ciri seperti jendela besar, penyangga melayang, dan menara lonceng dengan puncak yang runcing.

Namun ditangan Antoni Gaudi, Gereja ini di bangun dengan kombinasi Art Nouveau dan Catalan Modernis dengan ciri khas yang berbeda. Dengan mengusung tema alam, gereja ini di desain modern dan menjadi gereja di masa depan.

3. 18 puncak menara dengan simbol Kristen

Daya tarik lainnya yang ada pada bangunan Sagrada Familia adalah 18 puncak menara denga simbol Kekristenan. Adapun dari total 18 menara tersebut, 12 menara di dedikasikan untuk 12 murid Yesus Kristus, 4 menara di dedikasikan untuk 4 penulis Injil, lalu 1 menara untuk Ibunda Yesus Kristus, dan 1 Menara lagi atau yang tertinggi akan diberi nama Tower of Jesus Christ.

4. Akan menjadi gereja tertinggi di Dunia

Menara tertinggi atau Tower of Jesus Christ memiliki ketinggian mencapai 172,5 m. Tidak heran jika bangunan ini selesai maka La Sagrada Familia menjadi gereja tertinggi di Dunia. Dimana untuk saat ini gereja tertinggi di Dunia berada di Jerman yakni Lutheran Ulm Minster.

Sebagai informasi tambahan, Lutheran Ulm Minster di bangun dengan menara yang mencapai ketinggian 161,5 m.

5. Menggunakan program komputer grafis canggih

Untuk membantu proses pembangunan agar lebih cepat, Sagrada Familia menggunakan program komputer grafis canggih dengan pemodelan 3 dimensi (3D Printing).

Adapun prototype yang di buat menggunakan printer 3 dimensi memungkinkan pekerja untuk menyesuaikannya dengan spesifikasi yang di butuhkan secara lebih mudah. Tidak hanya itu saja, program komputer canggih yang di gunakan juga berfungsi untuk melakukan rekayasa ulang terhadap desain orisinil dari Antoni Gaudi.

Nah itulah beberapa informasi mengenai daya tarik Sagrada Familia. Tertarik untuk berkunjung? Jika ada kesempatan berlibur ke Barcelona, pastikan untuk tidak melewatkan gereja populer yang satu ini !

Baca Juga :

***