Cityawesome.com – Negara Termiskin di Dunia. Jika berbicara mengenai liburan ke luar negeri, tentunya ada negara yang di anggap sebagai negara terkaya dan termiskin di dunia. Lalu apakah kekayaan sebuah negara akan berpengaruh pada liburan kita? Jawabannya adalah tentu saja. Liburan di negara yang cenderung miskin biasanya akan rawan akan kejahatan. Oleh karena itu sebenarnya sah-sah saja jika ingin berlibur ke negara miskin namun tetap harus mawas diri dan berjaga-jaga.

Lalu mana saja negara yang di anggap miskin? Pada artikel kali ini akan di berikan beberapa negara termiskin di dunia berdasarkan pengumuman dari Bank Dunia. Simak ulasannya !

Negara Termiskin di Dunia

Negara terkaya atau termiskin di dunia biasanya di dasarkan pada GNI atau PDB (Pendapatan Nilai Bruto). Beberapa negara termiskin di dunia terukur dari jumlah penghasilan rendah yakni di bawah US$ 1.046 atau sekitar Rp 15 jutaan setahun.

1. Burundi

burundi

Merupakan salah satu negara yang berasal dari Afrika Timur. Menjadi negara termiskin nomor 1 di dunia pada tahun 2022 ini. Burundi sendiri tidak memiliki wilayah lautan karena berbatasan langsung dengan daratan negara lain.

Ibukotanya berada di Gitega, bayangkan saja negara ini hanya memiliki pendapatan nasional bruto sebesar US$ 270 atau sekitar Rp 4 jutaan perkapita.

2. Somalia

somalia

Negara kedua yang menduduki status negara termiskin didunia adalah Somalia. Pertumbuhan ekonomi di negara ini terbilang cukup buruk dengan tingkat GNI hanya sekitar US$ 310 atau jika di rupiahkan hanya Rp 4,6 jutaan.

Salah satu pengaruh yang membuat negara Somalia menjadi salah satu negara termiskin didunia adalah peningkatan jumlah penduduk yakni mencapai 2,92 persen pertahun.

Baca Juga:  Sejarah dan Fakta Menarik Candi Sukuh di Lereng Gunung lawu

Tentu saja tekanan populasi yang cukup banyak akan mempengaruhi semua aspek mulai dari ekonomi, kesehatan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

3. Mozambik

mozambik

Negara termiskin didunia lainnya adalah Mozambik. Nilai GNI pada negara ini hanya berkisar US$ 460 atau setara dengan Rp 6 jutaan rupiah saja perkapita.

Selain itu negara ini juga menetapkan Metical sebagai mata uangnya sehingga banyak mendapatkan permasalahan mulai dari akses pendidikan yang rendah dan tingkat pengangguran yang tinggi.

4. Madagaskar

madagascar

Menjadi salah satu negara termiskin di dunia. Madagaskar mendapatkan pendapatan nasional bruto hanya US$ 480 saja atau sekitar Rp 7 jutaan. Bahkan negara ini juga terancam resesi karena rendahnya pendapatan pajak.

Sebagai informasi tambahan, ekonomi dari negara Madagaskar sendiri mengandalkan komoditas tekstil, pertambangan, pariwisata, dan pertanian.

5. Sierra Leone

negara termiskin di dunia

Negara Sierra Leone berada di Afrika Barat dan menjadi salah satu negara termiskin didunia. Selain itu negara ini juga sangat bergantung pada keberhasilan tambang mineral sehingga terus membutuhkan bantuan dari negara lain.

Berdasarkan informasi dari Bank Dunia, tingkat GNI negara Sierra Leone hanya berkisar US$ 490 atau Rp 7 jutaan. Untuk ekonomi dari negara ini terbilang cukup mengandalkan pertanian terlebih padi.

6. Afghanistan

negara termiskin di dunia afghanistan

Beribukota di Kabul, Afghanistan rupanya menjadi salah satu negara termiskin didunia. Bagaimana tidak, GNI dari negara ini hanya berkisar US$ 500 atau Rp 7,4 jutaan saja. Selain itu kebanyakan masyarakat Afghanistan juga selalu mengalami permasalahan air bersih dan sanitasi.

7. Republik Afrika Tengah

negara termiskin di dunia

Deretan negara termiskin didunia lainnya adalah Republik Afrika Tengah. Negara ini memiliki pendapatan GNI hanya sekitar US$ 510 atau Rp 7,6 jutaan.

Republik Afrika Tengah lebih mengharapkan produksi perkebunan kopi, kapas, dan tembakau untuk diekspor. Sedangkan untuk makan sehari-hari, negara ini mengandalkan jagung, singkong, dan kacang untuk ditanam.

Baca Juga:  5 Suku Kanibal di Dunia Pemakan Daging Manusia

8. Liberia

negara termiskin di dunia liberia

Memiliki pendapatan sekitar US$ 530 atau Rp 7,9 jutaan, Liberia dianggap sebagai salah satu negara termiskin didunia. Selain itu angka tersebut juga dipengaruhi oleh tingkat kelahiran yang tinggi bahkan mencapai 2 kali lipat.

Meskipun di sisi lain negara ini memiliki sumber daya alam yang melimpah, namun infrastruktur yang ada terbilang cukup kurang memadai.

Nah itulah beberapa negara yang di umumkan menjadi negara termiskin di Dunia. Sebagai warga negara Indonesia, tentu kita harus bersyukur karena tidak di anggap sebagai negara termiskin di Dunia.

Baca Juga :

***