Cityawesome.com – Mata uang terendah di dunia. Bagaimana cara berlibur ke luar negeri dengan biaya yang murah? Nah jawabannya adalah dengan datang ke negara yang memiliki mata uang terendah. Ada beberapa mata uang terendah di dunia yang bisa menjadi rekomendasi tujuan wisata luar negeri. Berikut beberapa di antaranya !

1. Rial Iran

1. Rial Iran

Merupakan salah satu negara dengan mata uang terendah di dunia. Berkunjung kesana tentunya tidak akan merogoh kocek yang terlalu dalam. Bagaimana tidak, US$ 1 saat ini sudah menyentuh 41.350 rial Iran.

Bahkan angka tersebut jugalah yang menjadikan mata uang Iran menjadi yang paling rendah di dunia. Selain itu rendahnya mata uang ini juga di pengaruhi oleh konflik antar Iran dan Amerika serta kaitannya dengan pembatasan transaksi.

2. Dong Vietnam

2. Dong Vietnam

Selain Iran, Vietnam juga memiliki nilai tukar mata uang yang cukup rendah. Di mana pada US$ 1 memiliki nilai sekitar 23.545. Sebagai informasi tambahan, Dong yang menjadi mata uang Vietnam ini di terbitkan pertama kali pada tahun 1946 untuk menggantikan Pieter Indochina Perancis. Namun sejak pertama kali di terbitkan, mata uang Dong memang sudah menjadi salah satu yang paling rendah.

3. Franc Guinea

3. Franc Guinea

Guinea merupakan salah satu negara yang berada di Benua Afrika. Selain itu negara Guinea juga memiliki kekayaan yang berlebih terutama di bidang mineral. Namun meskipun begitu, nilai mata uang negara Guinea yang bernama Franc ini terbilang cukup rendah di dunia.

Bagaimana tidak untuk US$ 1 saat ini sudah menginjakkan angka 8.755. Jika tertarik berlibur kesana, tentu kamu tidak membutuhkan kocek yang terlalu banyak.

4. Rupiah Indonesia

4. Rupiah Indonesia

Siapa sangka, nyatanya Indonesia memiliki nilai mata uang yang juga rendah di dunia. Meskipun pertumbuhan ekonomi negara ini cukup stabil, namun tidak berpengaruh dengan nilai tukar mata uang. Saat ini untuk US$1 memiliki nilai mata uang 15.607. Oleh karena itu Indonesia menjadi salah satu tujuan wisata yang cukup di gemari banyak turis asing di seluruh dunia.

Baca Juga:  Sejarah dan Lokasi Candi Gedong Songo Semarang yang Menarik

5. Som Uzbekistan

mata uang terendah di dunia Som Uzbekistan

Sebenarnya Uzbekistan sendiri sudah melakukan banyak langkah untuk bisa menaikkan nilai mata uangnya. Namun hal tersebut tidak memberikan hasil yang positif sehingga menjadikan mata uang Uzbekistan yakni Som masih cukup rendah.

Untuk US$ 1 saat ini setara dengan 11.260 UZS. Hanya saja meskipun masih termasuk salah satu yang terendah, namun langkah yang di lakukan oleh Uzbekistan mampu membantu perekonomian negara.

6. Leone Sierra Leone

mata uang terendah di dunia Leone Sierra Leone

Ekonomi dari negara Sierra Leone bisa di katakan cukup terhambat karena terjadinya perang dan di tambah dengan wabah ebola. Tentu hal tersebutlah yang mempengaruhi nilai tukar mata uang dari negara ini menjadi yang terendah. Selain itu Sierra Leone juga tercatat sebagai salah satu negara termiskin di Afrika. Di mana untuk US$ 1 saat ini setara dengan 18.640.

7. Kip Laos

mata uang terendah di dunia Kip Laos

Laos menjadi salah satu negara dengan nilai mata uang terendah di dunia. Bahkan mata uangnya yang bernama Kip ini tidak pernah mengalami devaluasi. Meskipun begitu, Laos selalu mengalami peningkatan secara bertahap. Untuk US$ 1 saat ini setara dengan 17.330.

8. Riel Kamboja

mata uang terendah di dunia Riel Kamboja

Siapa yang tertarik berlibur ke Kamboja? Negara ini menjadi salah satu yang memiliki nilai mata uang terendah di dunia. Selain itu sebagai informasi tambahan, mata uang Kamboja yang bernama Riel ini terbilang tidak cukup populer. Di mana masyarakatnya sendiri lebih menyukai transaksi menggunakan US$. Saat ini US$ 1 memiliki nilai tukar sekitar 4.110.

Nah itulah beberapa negara dengan nilai mata uang terendah di dunia. Meskipun menjadi mimpi buruk bagi negara tersebut, namun justru nilai mata uang yang rendah menjadikan banyak pelancong asing menjadi tertarik untuk berkunjung.

Baca Juga:  Sejarah Peradaban Suku Inca dan 4 Bekas Peninggalannya

Baca Juga :

***