Lokasi, Daya Tarik, dan Aktivitas Wisata Pantai Tamban

Wisata Pantai Tamban – Masyarakat mungkin kurang familiar dengan nama Pantai Tamban Malang. Sepertinya nama pantai ini dikaitkan dengan popularitas pantai lain, seperti Pantai Sendang Biru. Pantai nelayan ini tetap memiliki pemandangan yang menarik. Tempat di mana air laut bertemu dengan air tawar juga unik. Nama Tamban memiliki arti yang signifikan: dalam bahasa Jawa, “tamban” berarti obat. Ini karena peristiwa masa lalu, tepatnya di tahun 1880-an. Di mana ada tiga orang kiai yang menggunakan air laut di pantai ini untuk menyembuhkan diri mereka.

Lokasi, Harga Tiket, dan Jam Operasional

Wisata Pantai Tamban berlokasi di Kampung Pantai, Tambakrejo, Sumbermanjing, Malang, Jawa Timur, Indonesia, 65176. Tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk memasuki kawasan wisata pantai ini. Harga tiket hanya Rp5.000 per orang. Tidak ada informasi yang jelas tentang kapan pantai dibuka dan ditutup; terkadang, pantai ditutup lebih awal jika tidak ada pengunjung.

Daya Tarik dan Aktivitas Wisata Pantai Tamban

Wisata pantai ini tetap sangat alami karena sangat jarang di kunjungi. Pantai ini sangat layak untuk dikunjungi karena tidak ada sampah. Pantai Tamban panjangnya 1500 meter, dengan bebatuan besar di tepian. Selain itu pantai ini juga menawarkan pemandangan batu karang. Bongkahan karang itu adalah pulau. Jika Anda ingin berkelana, Anda bisa menyewa perahu dari nelayan di sekitar Pulau Sempu.

Selain itu, ada tebing yang mengelilingi pantai. Jika mereka ingin menikmati pemandangan dari atas, mereka dapat memanjat tebing ini. Di harapkan untuk berhati-hati karena jalan tidak rata dan menanjak.

1. Memancing di Pantai

Pasir pantai yang bebas dari batu karang membuat pantai ini sangat cocok untuk memancing. Ombak dapat meluncur bebas di pantai tanpa hambatan. Banyak orang pergi ke pantai ini untuk memancing di pinggirannya. Untuk memancing, Pantai Tamban pernah menjadi tempat lomba memancing Ultralight. Wisatawan dapat membawa peralatan memancing mereka sendiri, tetapi jika mereka tidak memilikinya, mereka dapat meminjamnya atau membelinya di warung di sekitar pantai. Kualitas alat pancing di pengaruhi oleh harganya.

Pengunjung tidak hanya dapat memancing di pinggir pantai, tetapi mereka juga dapat menyewa perahu untuk menuju ke tengah laut. Mereka dapat melakukannya dengan menyewa perahu pada nelayan setempat, dan mereka biasanya tahu di mana tempat terbaik untuk memancing.

2. Kedung Ijo

Pengunjung hanya perlu berjalan sedikit untuk menemukan muara Kedung Ijo, yang merupakan sumber air tawar pantai ini. Muara ini berada di sisi timur Pantai Tamban. Banyak bebatuan besar tersebar di sekitar muara karena abrasi laut yang sering menyebabkan batu jatuh dari tebing di sekitar muara. Di sebelah utara muara terdapat kolam air tawar yang besar yang aman dari jatuhnya batu.

Di muara Keduk Ijo ini, pengunjung dapat berenang dan memancing ikan air tawar. Mereka juga dapat snorkeling. Tidak ada penyewaan di tempat ini, jadi pengunjung harus membawa peralatan sendiri.

Baca Juga :

***