Info Lokasi dan Harga Tiket Wisata Tlogo Putri Kaliurang

Cityawesome.com – Tlogo Putri Kaliurang. Berlibur dan menghabiskan waktu di Yogyakarta memang tidak akan pernah membosankan. Bagaimana tidak, di sana terdapat banyak objek wisata menarik dan kekinian yang menarik untuk di kunjungi. Salah satu rekomendasi tempat wisata di Jogja adalah Tlogo Putri.

Apa sebenarnya Tlogo Putri Kaliurang? Merupakan objek wisata yang di lengkapi dengan kesejukan alam dan pepohonan rimbun. Menariknya lagi di sana terdapat beberapa jenis hewan liar seperti monyet yang ikut membaur di tengah-tengah wisatawan.

Kamu bisa menghabiskan waktu libur bersama keluarga sekaligus menikmati beragam wahana permainan yang tersedia.

Lokasi, harga tiket, dan jam operasional

Tlogo Putri Kaliurang berlokasi di Jalan Tlogo Putri, Kaliurang, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55582. Untuk harga tiket masuknya terbilang cukup terjangkau yakni sekitar Rp 6 ribu perorang. Selain itu kamu bisa menyewa fasilitas penunjang berupa skuter untuk berkeliling dengan biaya mulai dari Rp 15 ribu hingga Rp 35 ribu.

Harga tiket belum termasuk biaya parkir kendaraan sebesar Rp 2 ribu untuk motor, Rp 10 ribu untuk mobil, dan Rp 20 ribu untuk bus.

Jam operasional dari wisata Tlogo Putri Kaliurang di buka setiap hari mulai jam 07.00 sampa dengan 18.00 WIB. Namun jika weekend atau musim liburan, objek wisata yang satu ini tidak pernah sepi dari kedatangan pengunjung. Oleh karena itu untuk meminimalisir keramaian, kamu bisa datang saat weekday atau hari biasa.

Sejarah Tlogo Putri Kaliurang

Membahas tentang sejarahnya, nama Tlogo Putri sendiri memiliki makna berarti Telaga Putri. Mengisahkan tentang legenda yang hingga kini masih di percaya oleh masyarakat setempat. Dulunya Tlogo Putri ini adalah tempat mandi para bidadari.

Meskipun hingga kini masih belum terbukti kebenarannya, namun tidak sedikit pengunjung dan warga sekitar yang percaya bahwa dengan membasuh wajah ke air di telaga maka akan membuat wajah menjadi awet muda.

Daya tarik dan keindahan Tlogo Putri Kaliurang

Tlogo Putri berada di kawasan wisata lereng Gunung Merapi. Karena lokasinya yang berdekatan dengan Gunung Berapi itulah menjadikan udara sekitar sangat sejuk. Selain itu wilayahnya juga masih terkesan asri karena di lengkapi denngan pepohonan yang tinggi dan rimbun.

Saat berkunjung kesana nantinya kamu akan menemukan di sekeliling danau terdapat dinding yang terbuat dari semen. Dinding tersebut jugalah yang sekaligus menjadi pembatas antara danau dan daratan.

Menariknya lagi, sekitar kawasan Tlogo Putri terdapat air terjun dengan ketinggian yang lebih dari 10 meter. Selain itu aliran airnya juga tidak terlalu deras sehingga pengunjung bisa mandi dan bermain air di area kolam.

Berbeda dengan air terjun yang berada di sekitar kawasan Tlogo Putri, Telaga yang ada di sana bisa di nikmati tanpa harus berenang. Di mana kamu bisa menyewa kano atau sepeda air yang tersedia. Untuk penyewaan kanonya sendiri nantinya pengunjung sudah mendapatkan perlengkapan seperti dayung dan pelampung. Namun kanonya hanya bisa menampung maksimal satu orang saja.

Fasilitas wisata Tlogo Putri Kaliurang

Sama seperti tempat wisata pada umumnya, Tlogo Putri Kaliurang juga di lengkapi beragam fasilitas penunjang untuk wisatawan. Adapun beberapa fasilitas yang bisa kamu manfaatkan adalah :

  • Area parkir yang luas
  • Toilet
  • Mushola
  • Fasilitas hiburan
  • Beragam pementasan

Nah itulah beberapa ulasan mengenai wisata Tlogo Putri Kalliurang. Saat berada di wilayah Jogja, pastikan untuk tidak melewatkan objek wisata yang satu ini.

Baca Juga :

***